Tugas teknologi informasi

-          Silahkan paparkan pandanganmu tentang tema Perkembangan Teknologi Informasi di Dunia Jurnalistik
                Menurut pandangan saya Jurnalis atau yang sering disebut juga sebagai wartawan, merupakan profesi yang menarik. Jurnalis atau wartawan merupakan seseorang yang secara teratur melakukan reportase, menulis berita, dan memuat tulisannya dimedia massa, baik media massa konvensional maupun media massa online.
Jurnalis dapat dikatakan profesi yang sangat menarik. Dengan menjadi seorang jurnalis, banyak sekali keuntungan yang kita peroleh. Keuntungan yang lebih dari sekedar materi, melainkan pengalaman yang sangat menarik .
Menjadi seorang jurnalis, membuat kita tau akan segala hal. Bukan hanya itu, menjadi seorang jurnalis juga menjadi jalan pintas bagi mereka yang senang berpetualang. Bukan hanya berpetualang di dalam negeri saja, bahkan luar negeri pun bisa ditempuh oleh seorang jurnalis.
Teknologi dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam bidang komunikasi, semakin berkembang dari tahun ke  tahun terutama setelah kemunculan internet. Semua orang yang hidup di generasi sekarang ini dituntut untuk melek teknologi dan haus informasi, agar dapat mengikuti arus perkembangan jaman. Begitu pula para jurnalis, mereka harus mampu menguasai teknologi modern yang sedang berkembang saat ini.
Dalam penyajiannya, sebuah berita juga tidak luput dari perkembangan teknologi. Pada tahun 1920-an Surat kabar dan Majalah mendapat pesaing baru, dengan kemunculan radio . Terutama setelah kemunculan televisi pada tahun 1950-an, yang mampu menyajikan berita dalam bentuk audio vidio yang lebih menarik. Jurnalistik cetak semakin kehilangan konsumennya, meskipun ternyata tetap dapat bertahan.  Saat ini dengan berkembangnya internet, muncul jurnalistik multimedia. Dimana penyajian berita dilakukan melalui jaringan internet, yang memampukan media untuk menampilkan berita dalam bentuk teks, gambar, audio, serta video sekaligus. Benrkembangnya komunikasi online, juga memunculkan trend baru dalam dunia jurnalistik, yaitu jurnalistik online.
Pengguna internet dari tahun ke tahun, meningkat tajam. Di Indonesia sendiri berdasarkan data dari APJII di dapati bahwa perkembangan jumlah pelanggan Internet yang awalnya berjumlah 134 ribu pelanggan pada tahun 1998, meningkat menjadi lebih dari 1 juta pelanggan pada tahun 2004, dan meningkat lagi menjadi 2 juta pelanggan pada tahun 2007. Data terakhir pada tahun 2017 lalu jumlah pengguna internet di indonesia meningkat tajam hingga 132 juta pengguna, naik 51 % dari tahun sebelumnya yang telah mencapai 45  juta pengguna.
Mengatasi hal ini, perusahaan media cetak raksasa sudah mulai merambah segmen pasar dan pembaca berita dengan membuat media versi online, atau media internet. Media massa konvensional memang dituntut untuk melakukan integrasi dengan media baru, agar tidak kalah bersaing dalam menyebarkan serta melakukan update beritanya. Selain itu juga untuk memenuhi harapan pelanggan setianya, baik pelanggan versi online maupun cetak. Internet sebagai media memunculkan perdebatan, apakan internet merupakan media massa atau merupakan media komunikasi antarpersona. Internet dapat dikatakan sebagai hybrid, internet merupakan sebuah media massa yang juga adalah sebuah media komunikasi antar individu dan antarpersona. Menurut Jensen, media tradisional sepeti TV, Radio, atau Film  mempunyai karakteristik ’push’; yang mana isi media diciptakan oleh media tersebut bagi audiensnya. Sedangkan media internet memiliki karakteristik ‘pull’ yang mana isi beritanya diciptakan oleh audiens. Isi media pun bergeser, dari awalnya seragam menjadi personal. Siklus publikasinya pun berubah, dari periodik menjadi up to date.
Kemunculan World Wide Web (www) pada tahun 1990-an memulai babak baru dalam komunikasi massa yang melampaui batasan fisik geografis, mental idiologis, serta ruang dan waktu.  Komputer yang semula merupakan media pengumpulan dan penyimpanan data, berkembang menjadi media komunikasi modern yang kompleks. Informasi yang disajikan melalui internet lebih unggul dalam segi kecepatan dan interaktifitas. Berita disajikan secara real time (seketika), tanpa perlu menunggu proses cetak.






Komentar